KOMKES

ASAM LAMBUNG NAIK JANGAN PANIK ADA SOLUSINYA

KOMKES
Kelas Edukasi Kesehatan Online MM

akan di ramaikan oleh:
Pembicara : DR. HANA (Doctorpreneur / Edukator Kesehatan)
Host : ZAHRALWINA (Entrepreneur)

MAU LAMBUNG SEHAT? UBAH POLA HIDUP DAN POLA MAKAN

Mengutip data dari Badan Kesehatan Dunia tahun 2012 yang lalu, mengungkapkan bahwa persentase angka sakit maag di Indonesia berada di angka 40,85% dan itu angka yang lumayan tinggi. Namun sebenarnya apa itu sakit maag?

Sakit maag atau dispepsia adalah rasa tidak nyaman di perut, seperti perut terasa penuh, rasa panas dan perih pada perut bagian atas, serta kembung. Gejala ini paling sering terjadi selama atau beberapa saat setelah makan.

Sakit maag merupakan gejala, bukan penyakit, dan ini sangat umum terjadi namun biasanya bersifat ringan. Tergantung pada penyebabnya, bisa berlangsung sesekali atau bahkan setiap hari. Perbedaan sakit maag dan asam lambung seringkali masih membingungkan banyak orang karena memiliki efek yang sama, yaitu jaringan perut yang terasa nyeri.

Ibnu Qayyim Al-Jauziyah menjelaskan dalam kitabnya ‘Ath-Thibbun Nabawi’, bahwa suatu ketika ada seorang sahabat datang menghadap Rasul dan mengeluhkan perutnya yang melilit. Rasulullah kemudian menyarankan agar sahabat tersebut mengkonsumsi madu.

Produk turunan lebah sangat baik untuk sakit maag. Madu yang ternyata mengandung bahan prebiotik alami, dapat meningkatkan populasi bakteri. Sehingga bisa memberikan efek yang baik bagi kesehatan. Madu sering kali digunakan untuk terapi pengobatan, dan pencegahan pada penyakit maag atau asam lambung. Hal ini karena madu memiliki efek memperlambat pengosongan lambung.

Dalam buku pengobatan Thibbun Nabawi juga disebutkan, kebiasaan saat bangun tidur, Rasululloh mengambil madu lalu mengulum di mulutnya hingga lumer ketika bercampur dengan air liur. Hal ini menjelaskan bahwa madu yang mengandung fruktosa lebih baik dicampur dengan air liur agar mudah larut dan dicerna oleh lambung.

Bagi penderita sakit maag, bisa melakukan apa yang diajarkan Rasululloh lalu di pagi hari, sarapan dengan porsi yang kecil, bertahap, dan minum propolis yang berfungsi meregenerasi sel sel pada lambung yang mengalami luka atau infeksi. In syaa Alloh ini sangat baik untuk menjaga kesehatan lambung kita.

Munculnya gejala maag juga sering kali disebabkan oleh pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat, misalnya kebiasaan mengonsumsi makanan yang terlalu pedas, merokok, konsumsi minuman beralkohol dan kopi, serta masalah psikologis, seperti stres berat, depresi, dan gangguan cemas.

Oleh karena itu, cara mengatasi maag tidak bisa dilakukan sembarangan dan harus disesuaikan dengan penyebabnya.

Mau lambung sehat?
Yuk, mulai dari mengubah pola hidup dan pola makan sehat.

Butuh info selanjutnya?
Yuk ikutan KOMKES Sabtu ini!

Akan membahas tuntas perihal kesehatan oleh ahlinya.
Bisa tanya jawab loh, jika masuk via ZOOM.
Jangan sampai terlewatkan yah.. ^_^

Waktu Acara : Sabtu, 24 Juni 2023 (13:00 WIB – sampai selesai)

Ingin ikutan acara ini dan mendapatkan link ZOOM nya?
bisa tanyakan langsung ke Leader/Mitra MM yang terdaftar atau langsung kontak WA :

Date

24 Jun 2023
Expired!

Time

1:00 pm - 2:30 pm
ZOOM

Location

ZOOM
Komunitas MM

Organizer

Komunitas MM
Phone
+6281212170980
Email
info@komunitasmm.com
Website
https://komunitasmm.com

The Founder

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *